Definisi, Pengertian Asam Urat (Gout)

Definisi Asam Urat Gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak, berulang, dan disertai dengan arthritis yang tera...

Definisi Asam Urat

Gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak, berulang, dan disertai dengan arthritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat atau asam urat yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (biperusirisemia). Dilihat dari penyebabnya, arthritis gout termasuk goglongan kelainan metabolik, dan menduduki peringkat ketiga dalam urutan penyakit sendi sesudah arhrosis dan arthritis rematoid.

Asam urat Gout
Peradangan sedi pada gout bersifat menahun dan umumnya, setelah terjadi serangan gout berulang, sendi yang terserang bisa menjadi bengkk atau cacat. Hampir 20% penderita gout juga menghidap batu ginjal.

Gout adalah suatu penyakit yang cenderung di picu oleh faktor keturunan, yang lebih menyerang pria dewasa ketimbang wanita dewasa. Gejala gout muncul melalui episode-episode arthritis akut, yang dilanjutkan dengan arthritis kronis diserta kerusakan jaringan lunak dan atau ginjal. Gout terjadi pada sekitar 3 - 4 orang per 1000 orang. Gout cenderung dialami oleh mereka yang secara sosial ekonomi termasuk kelas atas, peminum alkohol, pria pasca pubertas dan wanita pasca menopause.

Gout adalah... 

Istilah Gout berasal dari kata "gutta" yang berati tetesan. Menurut kepercayaan masyarakat pada saat itu, gout muncul sebagai akibat dari tetesan roh jahat yang masuk ke dalam sendi. Penyakit gout dapat di jumpai disetiap negara di dunia. Hasil penelitian epidemologis menunjukan bahwa bangsa Maori di Selandia Baru, Filipina, dan bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara mempunyai kecenderungan menderita penyakit ini. Di Indonesia, suku Minahsa dan Tapanuli berpeluang menderita penyakt gout atau asam urat lebih tinggi dibandingkan dengan suku-suku lainnya.

Penyakit Pirai (Gout) atau arthritis gout adalah penyakit yang di sebabkan oleh tumpukan asam atau kristal urat pada jaringan, terutama pada jaringan sendi. Gout berhubngan erat dengan gangguan metabolisme purin yang memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah lebih dari 7,5mg/dl. Catatan kadar normal asam urat dalam darah untuk pria adalah 8 mg%, sedangkan untuk wanita adalah 7 mg%.

Peningkatan asam urat pada yang terjadi pada jaringan sendi tersebut tidak secara otomatis akan menimbulkan reaksi peradangan, tetapi juga bisa memicu gejala (asimtomatik). Pemeriksaan adarah terhadap penderita menunjukan kasadar asam urat yang tinggi. Bahkan, sekitar 12% penderita menunjukan kadar asam urat yang normal.

Secara tradisional, gout dibagi menjadi dua, yaitu: bentuk primer (90%) dan bentuk sekunder (10%). Gout primer adalah gout yang penyebabnya tidak diketahui atau karena gangguan / kelainan proses metabolisme tubuh. sementara itu gout sekunder adalah gout yang penyebabnya dapat diketahui.

Orang nrmal setiap hari membuang 700 mg asam urat melalui urin, dan sisa yang tersimpan dalam cairan tubuh adalah sekitar 1.000 mg. Penderita gout menghasilkan asam urat secara berlebihan, sehingga yang tersimpan dalam tubuh meningkat menjadi 3-15 kali dari keadaan normal. Dilain pihak pengeluarannya melalui ginjal terganggu atau menurun.

Dalam keadaan normal, beberapa asam urat (yang merupakan hasil metabolisme sel) ditemukan dalam darah karena tubuh terus menerus memecah sel dan membentuk sel baru. Juga karena makanan yang dikonsumsi mengandung zat yang menjadi cikal bakal terbentuknya asam urat. Kadar asam urat jadi sangat tinggi jika ginjal tidak dapat membuangnya melalui air kemih.

Related

Kesehatan 291325599812041302

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item