Mengatasi Tv Led Toshiba 32L2400VJ Gambar Terbalik dan Warna Pudar

Salam.. Kemarin tuh ceritanya  anak saya berumur kurang lebih satu tahun setengah biasa melihat video lagu anak-anak yang biasa dia tonto...

Salam.. Kemarin tuh ceritanya  anak saya berumur kurang lebih satu tahun setengah biasa melihat video lagu anak-anak yang biasa dia tonton, dan video tersebut biasa saya download dari youtube disimpan di flasdisk untuk bisa diputar pada TV Toshiba 32 inchi dengan type 32L2400VJ di kamarnya. Saya masuk kamar dan anak saya pun ikut dipangkuan, seperti biasa saya ambil remote tv tersebut untuk menyalakannya. Entah kenapa. begitu di nyalakan welcome screen berupa tulisan Toshiba saya baca qo terbalik.. wah saya pikir kenapa nih tv? begitu muncul siaran televisi swasta di Indonesia gambarnya terbalik dan warna pada unit televisi tersebut pudar. Saya coba matikan kembali tv tersebut cabut kontak listrik nya diamkan dulu kurang lebih 10 menit. Lalu saya coba menyalakan kembali hasilnya sama saja gambar tetap terbalik dan warna tv ibarat di komputer PC seperti warna yang belum terinstall VGA drivenya.

Saya coba juga menyalakan USB movie dengan resolusi 720P pada videonya, terus terang untuk bisa menyalakan USB Movie tersebut saya sampai jungkir balik karena gambar terbalik tadi. Alhasill ada suara dan gambar hitam legam. Akhirnya cari deh service Toshiba terdekat yang kebetulan saya berdomisili di Bogor tanya om Google service support Toshiba di Bogor dapat alamat di Jl. Ciwaringin I /27 Kel. Ciwaringin Kecamatan Bogor Tengah, Alamat emailnya svc@topjaya.co.id.

Tv Led Toshiba 32L2400VJ Gambar Terbalik dan Warna Pudar itu pun saya langsung copot dari dinding dan masukan ke dalam dus bawa ke tempat service center Toshiba yang beralamat di Jl. Ciwaringin tadi. Sampai di tempat service Tv Pun langsung di cek teknisi. 


Sambil duduk menunggu, saya menanyakan kepada teknisinya "kenapa bisa begitu mas?" dia cuma bilang "biasanya harus di upgrade pak",Walah.. repot dong punya TV ternyata harus upgrade software segala. Tidak lama kemuadian datang teknisi satu lagi menanyakan untuk di buka casing tv tersebut dan menanyakan seri mesin untuk mencocokan sofware tv tersebut, sambil membawa sebuah flasdisk teknisi tersebut meminta pegawai lain untuk mengcopy software setelah membaca no seri mesin di dalam tv tersebut, saya hanya mendengar seri untuk TV saya itu seri "S" dari teknisi nya. Sambil proses copy softwarenya teknisi memberi arahan "kalau bisa di upgrade tv bisa di bawa pulang kembali, apabila tidak di ganti motherboardnya". walah saya pikir kalau harus ganti motherboardnya pasti lama prosesnya.

Akhirnya tv tersebut di bawa ke ruang bedah dan mulai di upgrade untuk softwarenya, prosesnya sederhana hanya colok USB flasdisk ke unit tv dan pencet menu di televisinya. ga lama kemudian tv dinyalakan dan hasilnya kembali normal. teknisi tersebut mengisi siaran televisi domestik mungkin setelah upgrade semua saluran terhapus. 

Saya menunggu hanya kurang lebih 15 menit di ruang tunggu, dan teknisi bilang sudah OK. Saya coba menanyakan apa penyebab Tv Led Toshiba 32L2400VJ Gambar Terbalik dan Warna Pudar pada teknisi satunya, beliau hanya menjawab "kemungkinan dari listrik pak, mungkin listrik di rumah kondisinya lagi naik turun" saya bingung apa mesti tv tersebut saya pasang stabilizer? yang saya tau tv toshiba sudah automatic voltage range dari 100Volt sampai dengan 240Volt televisi bisa beroperasi normal. Tapi ya sudahlah televisi sudah kembali normal saya tidak mau berdebat yang penting tv saya sudah kembali normal.

Untungnya saya baru pakai tv tersebut kurang lebih 8 bulan jadi masa garansi masih ada, saya tidak mengeluarkan uang sepeser pun. tapi yang menjadi pertanyaan ini tv belum setahun masa sudah rusak apakah produk ini produk gagal?.

Saya iseng menanyakan apabila diluar garansi berapa biaya yang harus saya bayar, teknisi tersebut menjawab "Rp.200.000 mas",  lumayan juga saya pikir cuman 15 menit dapet 200 rb hehehe.. tapi saya berterimakasih banyak kepada Service Center Toshiba Di Bogor, karena jasa anda sudah membuat tv saya normal kembali.

Bagi agan punya pengalaman seperti saya mungkin bisa tanyakan ke teknisinya bagaimana untuk penyelesaiannya, sukur-sukur dapet software upgrade tersebut supaya apabila terjadi kejadian serupa bisa di tangani sendiri.

Update...

Mengatasi TV LED Toshiba 32L2400VJ tidak bisa tangkap siaran televisi /TV analog

Setelah lebih 1 tahun saya pakai TV Toshiba ini masalah muncul lagi tiba-tiba siaran televisi yang biasa saya tonton tidak muncul satu siaran pun, kenapa tidak ada atau tidak dapat siaran analog apapun yang bisa saya tonton?. Keadaan gambar tidak terbalik warna normal tidak pudar seperti biasa saya pikir hanya sambungan antena yang tidak baik sayapun bergegas mengecek kabel antena yang saya pasang tersebut. Ternyata kabel antena sudah terpasang dengan baik tetapi siaran masih juga tidak dapat diterima oleh tv Thosiba. Pengecekan selanjutnya saya coba memakai USB Movie dengan memasukan usb yang berisi film ke port USB yang sudah tersedia di televisi tersebut, dan hasilnya film atau movie yang ada di usb tersebut lancar memainkan file movie nya. Berarti yang masalah ada di soket antena pada pesawat terlevisi nya.

Seperti biasa untuk hal seperti ini saya butuh orang yang ahli dalam bidangnya, sayapun memanggil teknisi toshiba dan tv pun harus di opname ke bengkel toshiba tersebut. Setelah melalui tahapan pengecekan ternyata TV toshiba 32L2400VJ saya di vonis mainboardnya atau modulnya yang rusak. Saya tanya ke teknisinya beliau sudah melalukan reset ulang dan software sudah di update tetapi siaran televisi tidak juga kunjung tampil.

Seperti biasa pasti etimasi biaya untuk ganti modul atau mainboardnya saya tanyakan dan itu lumayan  biayanya sekitar 850.000 rupiah saya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk masalah tv saya. Tetapi saya tidak tinggal diam saya coba cek ke teknisi lain dan ada pencerahan ganti mainboard sekiatar 600 ribu. akhirnya hunting modul dimulai...

update soon.. ane blm sempet posting lagi

Related

Tutorial 8684620368656521437

Post a Comment Default Comments

  1. saya mengalami problem yang sama dengan merk TV dan type yang sama belum menemukan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba ke service centernya Toshiba Mas Marlon?, Supportnya lumayan, saya langsung perbaiki masalah diatas ke service center toshiba Alhamdulillah sampai saat ini tidak terjadi masalah lagi

      Delete
    2. Malam mas.mau nanya apakah teknisi toshibanya ga bisa dateng ke rumah? TV sy problemnya jg sama ky tv mas

      Delete
    3. Bisa mas bro... coba aja kontak service center menurut domisili paling deket kunjungi saja no kontak dan alamatnya disini Kontak Toshiba semoga membantu

      Delete
  2. Berarti dalam hal ini Toshiba membiarkan konsumennya "blind" dan bergantung pada teknisi mereka. Apalagi kasus serupa tidak sedikit. Kenapa Toshiba tidak share support firmware mereka? Bukankah konsumen sudah membeli produknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju!.. saya juga sudah cari ROM firmware untuk toshiba nihil, bagi agan-agan yang punya boleh di share disini

      Delete
  3. makasih gan infonya :)


    Klik Sekarang www.serbabayar.com Nikmati Kemudahan Melakukan Pembayaran Listrik , BPJS secara Online Menggunakan Kartu Kredit. Mudah , Cepat Prosesnya. Yuk, Klik sekarang www.serbabayar.com

    ReplyDelete
  4. mas apa bedanya tv led toshiba seri 32p2400vj sama 32L2400vj

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut sepengetahuan awam saya cuman dari desain, seri dan produk terbaru saja mas, kalau 32L2400 menurut salesnya waktu saya pertama beli produk terbarunya thosiba model baru dari seri 32p2400

      Delete
  5. Apa itu artinya seri P2400VJ tidak lebih baik dari seri L2400VJ?
    Kalau melihat seri terbarunya aja (L2400VJ) bermasalah apalagi seri P2400VJ ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, kalau masalah seri produk ane juga kurang paham gan, yang dishare disini hanya berdasarkan pengalaman pemakaian aja itu yg dialami dari hasil tanya produk ke sales dan tanya langsung sama teknnisi yg punya merk

      Delete
  6. Saya juga mengalami kasus yg sama di toshiba 32P2400VJ...siaran tv hilang semua. Sudah ganti tunernya masih blm solved, mungkin masalahnya di ic chipset yg artinya harus ganti modul.

    ReplyDelete
  7. Saya juga mengalami kasus yg sama di toshiba 32P2400VJ...siaran tv hilang semua. Sudah ganti tunernya masih blm solved, mungkin masalahnya di ic chipset yg artinya harus ganti modul.

    ReplyDelete
  8. hal yang sama juga tejadi pada TV saya Tdka kunjung datan
    g tehnisi nya

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item