Waspada Banjir! pelajari strategi pencegahan banjir di lingkungan sendiri

Waspada Banjir Awas Banjir!.. Banjir sepertinya menjadi semacam "Bonus" di musim hujan yang mestinya agan semua kuatirkan keda...

Waspada Banjir


Awas Banjir!.. Banjir sepertinya menjadi semacam "Bonus" di musim hujan yang mestinya agan semua kuatirkan kedatangannya. Inilah strategi pencegahannya, dan mudah-mudahan bisa berguna bagi pembaca khususnya di lingkungan yang rawan banjir. Dengan demikian kita bisa meminimalisir akibat atau dampak buruk pada rumah yang terkena musibah kebanjiran.

waspada banjir
Saat ini banjir seolah telah menjadi 'makanan sehari-hari kita, terlebih disaat musim hujan. Jika kita tidak waspada, bisa juga ancaman terhadap nyawa. Jadi, jika anda menyadari bahwa wilayah atau lingkungan anda berpotensi mengalami banjir, diperlukan tindakan-tindakan konkrit agar dampaknya tidak terlalu merugikan.




Hal Yang Harus Dilakukan Mencegah Kebanjiran


Berikut beberapa hal yang mesti anda lakukan:
  1. Sadari segala kemungkinan yang bisa terjadi akibat banjir, seperti gelindingan kayu, pohon tumbang, bangunan runtuh, jembatan jebol, dan sebagainya.
  2. Kenalilah tanda bahaya yang diberlakukan di lingkuangan sekitar anda ketika banjir mulai melanda.
  3. Pelajari rencana evakuasi yang mesti dilakukan, sehingga anda bisa bersiap-siap.
  4. Pilih asuransi yang memasukan banjir sebagai daftar bencana yang bisa digantikan. karena kebanyak pihak perusahaan asuransi tidak memasukkannya.
  5. Lindungi dokumen-dokumen penting, seperti asuransi, akta kelahiran, paspor, dan sebagainya di kotak kedap air yang bisa dengan mudah anda mengambilnya.
  6. Jika terdapat tungku, pemanas air, atau panel listrik di lantai dasar rumah anda, sebaiknya dipindahkan ke loteng, yang pastinya memperkecil kemungkinan rusak akibat air banjir.
  7. Jika memungkinkan. mintalah ijin kepada aparat setempat untuk membangun tembok penghalang banjir atau semacamnya disekitar anda.
  8. Gunakan katup penutup saluran air, yang mencegah arus balik banjir ke dalam saluran air menuju dalam rumah anda. Dalam kondisi darurat, anda juga bisa memanfaatkan gabus besar sebagai penyumbat.
  9. Lindungi dinding basement anda dengan kompon waterproof sehingga tidak bisa masuk melalui retakan.
  10. Bicaralah kepada anggota keluarga sebelumnya untuk memutuskan kemanakah anda harus pergi ketika banjir terjadi, sehingga setiap orang akan mengetahui apa yang harus dilakukan.
  11. Persiapkan segala perlengkapan darurat, seperti makanan kaleng, pembuka kaleng, lampu senter, baterai, dan perlengkapan P3K.
Kiat-kiat diatas menurut saya paling penting diwaspadai mudah-mudahan dengan ada sedikit bekal stategi untuk waspada banjir agan semua bisa sedikit meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak ingin kita alami. Karena banjir datang tidak atas sepengetahuan kita, tidak salahnya kita harus mempersiapkan diri dan keluarga untuk mewaspadai bencana banjir ini.

Related

Artikel 8441563800787972359

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item