Cara Scan Dokumen, Gambar Di Windows 8

Cara Scan Data Di Windows 8.1


Scanner sangat kita perlukan apabila kita ingin mendokumentasikan berkas atau gambar yang kita punya dan ingin menyimpannya di komputer kita, juga sebagai bukti dokumen dan dijadikan arsip tentunya. Untuk lebih jelasnya saya ulas menurut wikipedia:

 

Scanner Adalah?


Pemindai (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. 

Scanner yang kita maksud adalah scan untuk gambar atau dokumen karena sanner jenis inilah yang banyak digunakan di rumah maupun dilingkungan kantor. Sekarang bagaiman kita memakai scan terutama akan di ulas Cara Scan dokumen, gambar Di windows 8 karena semua sudah pasti mengenal dengan software besutan Microsoft ini. Oke langsung aja simak informasinya:

1. Siapkan scannernya tentu yang sudah terinstall drivernya. Windows 8 sudah menyediakan fasilitas untuk menggunakan scan ini. klik Win Logo - lalu cari program Scan.

Program scan windows 8

2. Buka Program scan tersebut, klik "Show more" untuk sesuaikan setingan dengan apa yang kita inginkan misalnya kita menginginkan file gambar kita pilih file typenya  "JPEG" dan "PDF" untuk dokumen. 

Pada menu "Rosolution (DPI)" kita bisa memilih ketajaman gambar atau dokumen yang akan kita scan ingat lebih besar rosolusi yang kita pilih akan berdampak pada lebih besar pula ukuran file hasil dari scan tersebut. Repot apabila file terlalu besar untuk keperluan email misalnya, tentu akan kesulitan diwaktu mengunggah hasil scan tersebut. Jadi pilih resolusi yang kita butuhkan saja, resolusi 150 sudah cukup baik hasil gambarnya.

Pada menu Scanner saya sudah terkoneksi dengan CanoScan Lide 120 dengan baik, atau apabila ada lebih dari 1 scanner yang terhubung dengan komputer kita kita bisa pilih jenis scanner pada menu "Scanner" ini.

setting Program scan di windows 8Program scan di windows 8

3. Apabila jenis atau type file yang kita pilih sudah ditentukan, jangan lupa untuk memasukan dokumennya ke dalam alat scanner. Usahakan pilih  tombol; "preview" terlebih dahulu untuk melihat hasil sebelum scan. Disini saya coba scan kemasan kopi yang selalu menemani saya saat memposting artikel ini. Hasil dari preview tadi kurang lebih seperti ini:

Program scan di windows 8

Pada tampilan Preview ini Anda bisa melakukan scan pada bagian atau area tertentu saja. cara untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dengan cara klik dan drag bulatan putih yang terlihat pada sudut-sudut kertas. Sesuaikan dengan hasil bagian gambar mana yang akan kita scan, seperti contoh gambar di atas hanya bagian tersebut yang akan saya scan. kemudian klik tombol "Scan".

4. Setelah selesai scan tinggal klik tombol view untuk melihat hasil yang telah kita scan tadi

view cara scan gambar windows 8

Hasil dari scan tadi seperti ini:

Nescafe 3 in1 Original

Anda bisa menemukan file hasil scan tersebut di folder  This PC - Pictures - Scans.

Ok selesai sudah cara singkat mengenai Cara Scan dokumen, gambar Di windows 8 semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk atikel ini lihat juga artikel menarik lainnya di bawah ini. Terimakasih

Related

Tutorial 1393116154362056242

Post a Comment Default Comments

  1. bang kalo mau scan file pdf , tapi lebih dari 1 lembar gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung scannernya memakai apa gan?, Lebih baik pakai driver bawaan scanner nya ada option ceklis untuk "Multiple Pages" bila ingin scan pdf lebih dari 1 lembar, semoga membantu

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Min. Punya driver scan Canon lide 30 untuk windows 8.1
    Tolong bantuannya min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lide 30 harusnya auto detect mas di windows 8

      Delete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item