Mengatasi Konstipasi atau Sembelit Pada Anak Umur 2 Tahun

Mengatasi Sembelit Pada Anak


Sembelit pada anak 2 tahun
Konstipasi atau sembelit semua orang mungkin sudah pernah mengalaminya, apa itu sembelit? kalau saya baca dari Wiki ulasannya seperti ini,

Sembelit Adalah:


Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Bagaimana dengan anak anda? apakah pernah mengalami kasus konstipasi atau sembelit seperti ini?. kebetulan kasus seperti ini pernah kami alami yaitu pada anak saya yang berumur 1 Tahun 11 Bulan. Sengaja saya menulis judul di atas "Mengatasi Konstipasi atau Sembelit Pada Anak Umur 2 Tahun" karena kalau saya tulis umur sebenarnya menjadi lebih panjang. 

Cara mengatasi sembelit pada anak

Roselyn Raisa Meilana
Langsung saja perkenalkan anak perempuan saya Roselyn Raisa Meilana, nama panggilan "Olin", umur menjelang 2 Tahun, anaknya aktif, periang, suka bermain air dan suka mencoret tembok (terlihat hasil karyanya pada foto di samping :)  susu formula Lactogen 3. konstipasi pada anak saya baru terjadi pada umur menjelang 2 tahun kasihan rasanya pada saat BAB selalu menangis, sempat sekali mengeluarkan darah dan setiap BAB kami coba bantu dengan obat pencahar microlax repot rasanya kalau seperti ini, masalah ini harus cepat diatasi juga mencegah ketergantungan pada obat pencahar. sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi pada buah hati kami, sejak terjadinya sembelit kami mencari refrensi dengan "Mbah Google" tentang mengatasi sembelit pada anak dan mendapat inti dari penyebab sembelit tersebut adalah akibat dehidrasi, makan berserat, kurang asupan buah dan hindari makanan pemicu sembelit. Dari referensi tersebut kami merubah pola makan buah hati kami sehari-hari dan sangat memperhatikan asupan makanan yang selalu dikonsumsi setiap harinya. Adapun cara yang kami lakukan untuk Mengatasi Konstipasi atau Sembelit Pada Anak Umur 2 Tahun akan kami ulas di bawah ini dan cara tersebut berhasil bagi anak kami:

1. Pola makan
Sejak umur satu tahun setengah Olin sudah bisa memakan nasi, waktu itu kami berikan makanan padat dan tidak ada masalah dalam BABnya tetapi kali ini menyebabkan sembelit ternyata setelah membaca dari situs dokter anak hal ini bisa terjadi karena pergerakan usus anak yang kurang siap menerima asupan makanan padat yang bisa menyebabkan sembelit. 
cara pertama yang dilakukkan pada anak kami dengan makan kaya sayuran sudah kami berikan tetapi masih saja sembelit, akhirnya makan nasi ini kami batasi hanya siang saja dan kaya sayuran tetap kami berikan, untuk makan pagi dan malam kembali ke makanan bubur bayi selain makanan bayi kaya vitamin juga tekstur yang lembek sehingga mudah dicerna. Terkadang olin juga suka memakan dadar telur tanpa nasi dan kami berikan juga hanya sayuran tanpa nasi. Jadi intinya hindari makanan padat seperti nasi, kentang dll.

2. Asupan Cairan
Susu fomula sempat kami akan ganti dengan sufor yang lain tetapi sempat baca pula sufor tidak terlalu berakibat untuk mengatasi sembelit ini akhirnya Susu formula lama tetap diminum yang lebih penting lagi sering berikan minum air putih karena menurut pakar anak usia 1-3 tahun memerlukan cairan sekitar 1,3 liter perhari. Cara memberikan minum pada anak saya unik dia suka minum di botol minuman kemasan air 600ml tentu tidak penuh kami memberikan airnya juga minum digelas yang sengaja kami kasih hanya sedikit air tetapi sering, cara ini hanya untuk memudahkan supaya olin mau minum, terkadang minum sampai baju basah  dan sering berseteru dengan bundanya karena sering ganti baju akibat basah, itu semua demi asupan cairan karena lebih baik sering ganti baju dari pada tega melihat anak sembelit. 

3. Makan Buah
Manjur juga memberikan buah pepaya pada penderita sembelit, cara memberikan pada Olin anak kami pertama dengan di jus dan diberi sedikit gula untuk perangsang rasa, pertama dia tidak suka dengan rasanya sampai kami harus memberikan sesendok demi sesendok kecil sambil dia main. Itu semua dilakukan dengan kesabaran tetapi kini kami menyajikannya dengan dipotong kecil berbentuk dadu. Selain itu juga kami berikan jus mangga atau alpukat, karena itu buah yang Olin suka, yang terpenting harus ada makan buah untuk mengatasi sembelit pada anak ini. Kami berikan buah pada saat anak kami sembelit dua kali sehari dan saat ini kami hanya memberikan asupan buah satu kali sehari bahkan terkadang 2 hari sekali karena penyakit lupa :) .

Tiga Langkah di atas terbukti dapat mengatasi sembelit pada anak kami yang berumur menjelang 2 tahun. Mungkin Ayah dan Bunda pernah mengalami hal serupa bisa juga dicoba dengan cara yang kami berikan pada buah hati kami. Mudah-mudahan cara ini bisa membantu atau sekedar menjadikan refrensi anda. 

Tidak bermaksud promosi atau apapun dengan menyebutkan merk-merk produk di atas itu hanya menggambarkan keadaan sebenarnya. Jangan lupa like fans page kami disamping kanan.Terimakasih semoga bermanfaat.

Sumber : Pengalaman Pribadi
Refrensi: Google
Misalnya menggunakan pelunak feses yang banyak dijual

Bersumber dari: Cara Efektif Mengatasi Sembelit pada Bayi dengan Aman | Mediskus.com
Misalnya menggunakan pelunak feses yang banyak dijual

Bersumber dari: Cara Efektif Mengatasi Sembelit pada Bayi dengan Aman | Mediskus.com

Related

Kesehatan 5868608405785225889

Post a Comment Default Comments

  1. Sampai umur berapa anak anda sdh mulai normal tidak sembelit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus sembelit pada anak saya hanya sekitar kurang 1 bulan, yang saya lakukan mengganti susu formula juga. semoga membantu

      Delete
  2. Ini yang Baru saya alami pd anak sya umur 21 bln,, awalnya BAB biasa seminggu ini susah BAB,,smp menangis ketika buang air besar... Mungkin karena cuaca dingin asupan cairan memang berkurang,,, sya akan coba trik diatas semoga tidak sembelit lagi,,,

    ReplyDelete
  3. Mksh mom artikel nya sangat membantu, anak saya 19 bulan/sufor sdang sembelit sdh 1 bln ini,ganti susu, makan sayur, makan buah sesuai saran dktr tp msh ttp sembelit.dan ternyta pnyebabnya kurang lbh ada di nasi, anak saya makan nasi menu kluarga, pagi, siang, sore.

    ReplyDelete
  4. Ulasan diatas sangat2 membantu saya. karna disaat ini anak saya sedang mengalami sakit yg sama,saya akan coba mdh2an berhasil dan anak saya sembuh dari sakit sembelit nya.

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item