Ini cara yang harus dilakukan apabila mau Bebas dari Hipertensi

Menangkis Hipertensi


menghindari Hipertensi
Hipertensi dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius jika tidak dikontrol dengan baik. Dapat mengakibatkan komplikasi gangguan pada mata, gangguan jantung hingga strok. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar terhindar dari komplikasi mematikan ini.

Berhenti Merokok

Rokok dan tembakau merupakan faktor risiko tinggi terjadinya penyakit kronis seperti jantung dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih (overweight) sangat berhubungan dengan peningkatan tekanan darah. Terutama jika GMI (Body Mass Index) diatas 25. Selain itu lingkar pinggang yang besar juga beresiko mengalami peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar lemak di dalam darah, diabetes mellitus, dan gangguan jantung.
  • Buatlah menu makanan yang aman untuk tekanan darah
  • Pilih makanan dengan kadar lemak jenuh yang rendah, dan kadar gula rendah.
  • Konsumsi buah dan sayuran setidaknya lima kali dalam sehari, hindari buah dengan kadar lemak atau gula yang tinggi, contohnya durian.
  • Perhatikan porsi makanan, setidaknya sepertiga isi piring mengandung protein seperti ikan, sepertiga mengandung kalori, nasi kentang, dan sepertiga mengandung sayuran, seperti bayam, kangkung, wortel atau sejenisnya.
  • Jangan Lupa makan, makan tiga kali sehari penting untuk membantu mengontrol berat badan.
  • Pastikan konsumsi serat yang cukup sekitar 25-30 mg sehari. Jenis makanan yang banyak mengandung serat diantaranya sereal, roti dengan kadar serat tinggi, buah dan sayuran. Adanya serat membantu mengurangi nafsu makandan dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Lakukan olahraga secara teratur, jika perlu konsultasikan dengan dokter olahraga.
  • Usahakan agar mengkonsumsi makanan dengan kadar kalori tinggi di pagi atau siang hari, agar pada malam hari nafsu makan anda tidak terlalu besar.
  • Minum air putih yang banyak, sekitar 6-8 gelas perhari, agar terhindar dehidrasi dan mencegah keinginan makan yang berlebihan.
  • Hindari minuman yang dapat meningkatkan kadar lemak, misalnya yang banyak mengandung coklat, gula, atau mengandung alkohol.

Lakukan Olahraga secara teratur

Aktivitas aerobik yang teratur dapat membantu mencegah peningkatan tekanan darah dan menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badan ideal. Selain itu olagraga juga dapat membantu memperbaiki kondisi penderita diabetes dan membantu mengurangi stres. Olahraga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tidak kalah penting, olahraga juga dapat meningkatkan energi untuk aktivitas sehari-hari.

Olahraga yang dilakukan sebaiknya memenuhi kaidah : dilakukan secara teratur, setidaknya 30 menit dalam sehari dan dilakukan setidaknya 4 kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya  aerobik seperti berjalan, naik sepeda atau melakukan senam aerobik.

Batasi Konsumsi Garam

Membatasi konsumsi garam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Batas normal tidak lebih dari 2400 mg/hari. Jika memungkinkan sebaiknya konsumsi garam kurang dari 1500 mg/hari.
Tips Membatasi Garam:
  • Hindari makanan yang diawetkan atau mengalami proses pengolahan, misalnya keju, makanan yang mengalami proses pendinginan.
  • Bacalah label yang terkandung dalam makanan ringan atau makanan lain, berapa kandungan garamnya.
  • Kurangi penggunaan garam pada makanan, gunakan bumbu lain yang dapat meningkatkan cita rasa 

Sertakan Kalium Dalam Diet

Jika kadar kalium dalam darah terlalu rendah, dapat terjadi peningkatan tekanan darah. Sertakan makanan yang banyak mengandung kalium pada diet anda. Misalnya saja buah pisang, susu, kopi dan kentang. Sebuah penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan kalium, serat danmagnesium dapat menurunkan tekanan darah.

Kendalikan Marah dan Stres

Saat sedang marah atau stres, tekanan darah akan meningkat. Jika kondisi tersebut menetapdalam beberapa waktu dan tekanan darah terus menerus meningkat, dapat terjadi tekanan darah tinggi. Untuk mengendalikannya, beberapa hal dapat dilakukan:
  • Aturlah waktu dengan optimal, baik saat bekerja atau di rumah, sehingga semua kegiatan dapat berjalan teratur.
  • Buatlah tujuan yang realistis yang dapat diraih.
  • Lakukan latihan untuk relaksasi dan sempatkan waktu untuk melakukan relaksasi
Artikel ini di tulis berdasarkan dari Majalah Kesehatan Keluarga, terimakasih pada majalah Dokter Kita terbitan tahun 2011 yang mungkin berguna bagi kita semua untuk mendapatkan informasi seputar menangkis hipertensi atau cara kita menghindari penyakit hipertensi. 

Related

Kesehatan 5346696000610177089

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item