Cara Diet Paleo Aman ala Masyarakat Purba

Diet Paleo adalah Diet ala Masyarakat Purba


Paleo diet
Banyaknya pilihan program penurunan berat badan atau diet hendaknya membuat kita lebih cerdas untuk memilih yang terbaik. Cermati informasi mengenai program penurunan berat badan. Lebih baik lagi bila sebelum menjalankan diet, terlebih dahulu berkonsultasi pada pakar gizi. Dari sekian banyak jeinis diet, jika pernah mendengar tentang diet ala OCD dan diet Mayo, mari sekarang melirik diet paleo (paleo diet).

Sebenarnya, diet paleo bukan jenis diet yang benar-benar baru. Tidak jauh-jauh dari namanya, diet ini memang mengambil konsep pola makan pada zaman paleolitikum. Masyarakat pada masa itu mengkonsumsi makanan yang segar dan tidak banyak melalui proses kimia. Pola makan inilah yang membuat masyarakat paleolitikum mempunyai kesehatan fisik yang cukup baik.

Makanan dalam kemasan serta mengandung pengawet, pewarna buatan, dan berkadar gula tinggi lebih memicu risiko terkena sejumlah gangguan kesehatan. DI antaranya, gangguan pencernaan, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Melihat pola makan kehidupan modern yang kurang sehat, pola makan ala zaman paleolitikum mulai banyak dilirik.

Diet Paleo menganjurkan seseorang banyak mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran, daging hasil ternak organik, ikan-ikan laut segar, kacang-kacangan, telur, biji-bijian. Sebaliknya, jenis makanan dan minuman tertentu seperti gandum dan olahannya, dan gula sebaiknya dihindari. Makanan yang mengandung pemanis atau makanan yang terlalu banyak melalui proses seperti daging cincang kalengan juga perlu dihindari pelaku diet paleo.

Manfaat Diet Paleo

Meskipun peminat diet paleo di Indonesia belum banyak, program diet ini cukup menarik. Sejumlah manfaat kesehatan bisa didapat dengan menjalankan diet paleo. Di antaranya, membantu mengendalikan kadar gula darah, mencegah risiko pendarahan, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, dan membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Bahkan menurut European Journal of clinical Nutritions, diet ini membantu perempuan lanjut usia untuk menurunkan berat badan, mengurangi lemak pada bagian perut, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Akan tetapi, banyak pakar gizi mengkhawatirkan tubuh akan kekurangan asupan kalsium dan Vitamin D karena tidak mengkonsumsi susu dalam diet paleo. Selain itu jumlah nutrisi penting lainnya dalam berbagai makanan seperti nasi dan olahan gandum juga ikut hilang karena menjalankan diet ini.

Risiko berkurangnya salah satu asupan gizi bisa saja terjadi. Namun, apabila diet paleo dijalankan dengan tepat, dengan konsumsi beragam makanan yang bergizi seperti ikan dan telur, gizi akan tercukupi dan risiko kekurangan gizi tertentu bisa dihindari. Selain itu diet paleo tidak dilakukan bertahun-tahun. Diet ini sebaiknya dijalankan dalam periode waktu tertentu untuk membantu menurunkan berat badan. Selanjutnya, pola makan biasa dapat diteruskan dengan tetap diperhitungkan asupan makanan untuk mencapai gizi yang seimbang.

Menu Diet Paleo


Makanan dikonsumsi diet paleo
Kriteria Makanan Bisa dikonsumsi Diet Paleo

Bisa dikonsumsi :
  • Seafood
  • Telur
  • Ubi Jalar
  • Sayuran yang  mengandung telur
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak avokad
  • Teh
  • Rempah-rempah














Makanan dihindari diet paleo
Kriteria Makanan Dihindari Diet Paleo

Dihindari:
  • Susu dan olahannya
  • Makanan yang mengandung gula dan pemanis
  • Makanan yang di proses (dalam kemasan)
  • Minyak jagung dan minyak kedelai
  • Gandum dan serealia



















Penulis Asli: Monica Yohari

Setelah mengetahui tentang cara diet paleo aman ala masyarakat purba ini mudah-mudahan Anda dapat refrensi lebih banyak dari sebelumnya. Bagi anda tertarik dengan metode diet paleo ini silahkan baca juga Panduan Cara Diet Paleo yang saya tulis dalam artikel berikut http://rullysbc.blogspot.co.id/2016/04/panduan-cara-diet-paleo.html atau kunjungi link disini yang menjelaskan lebih dalam tentang panduan diet paleo ini.

Semoga dengan mengetahui kriteria makanan yang dianjurkan ataupun yang dihindari diet Paleo ini bisa menjadi refrensi kita untuk memilih cara diet yang aman untuk diri kita sendiri. Informasi ini saya suguhkan untuk menjadi pertimbangan dengan banyaknya cara-cara diet yang lainnya. Semoga bermanfaat

Related

Kesehatan 7046639369466993726

Post a Comment Default Comments

  1. Makasih gan :D bisa dipraktekin nih artikel
    Cara Diet Paleo Aman ala Masyarakat Purba | Rully Blog

    Kujungi balik + Komentar yuk gan :D Cari Dulu | Tutorial Bermamfaat Membahas Komputer & Blogging

    ReplyDelete
  2. Sama-sama gan, kunbal nya ane langsung ke TKP nih

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item