Keren Tampilkan Notifikasi Windows Phone ke Windows 10

Menggabungkan notifikasi Windows Phone ke Windows 10


Website ini menerangkan kerennya menggabungkan Notifikasi gadget dari windows phone supaya bisa tampil di notifikasi bar pada Pc desktop windows 10. Dengan menggabungkan notifikasi ini anda tidak perlu repot membuka gadget Anda saat ada notifikasi masuk. Cukup dengan melihat notifikasi pada PC desktop anda maka notifikasi pada PC akan sama persis dengan perangkat gadget Anda.

Dalam era smartphone ini banyak kita kenal sebagai operating system pada gadget yang salah satunya vendor besar seperti si andro ataupun iOS. Tetapi sebagai perusahaan software terbesar yakni Windows telah membuat juga versi mobile-nya,   Sebagai perkenalan, windows juga mempunyai versi mobile nya. Kita simak sedikit asal usul Windows Mobile lahir ke dunia ini.

Apa itu Windows Mobile?

Menurut kitab yang dikutip pada Wiki Windows Mobile adalah keluarga sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft untuk smartphone dan Pocket PC. Asal-usulnya berasal dari Windows CE pada tahun 1996, meskipun Windows Mobile sendiri pertama kali muncul pada tahun 2000 sebagai PocketPC 2000. Pada saat ini diganti namanya menjadi "Windows Mobile" yang terjadi pada tahun 2003, yang pada akhirnya menjadi beberapa versi (mirip dengan versi desktop Windows) dan Ditujukan untuk konsumen bisnis dan perusahaan. Pada tahun 2007, itu adalah perangkat lunak smartphone yang paling populer di A.S., namun popularitas ini memudar di tahun-tahun berikutnya. Pada bulan Februari 2010, menghadapi persaingan dari OS saingan termasuk iOS dan Android, Microsoft mengumumkan Windows Phone untuk menggantikan Windows Mobile. Akibatnya, Windows Mobile sudah tidak berlaku lagi. Windows Phone tidak kompatibel dengan perangkat dan perangkat lunak Windows Mobile. Versi terakhir dari Windows Mobile, yang dirilis setelah pengumuman Windows Phone, adalah 6.5.5. Setelah ini, Microsoft menghentikan pengembangan Windows Mobile, untuk berkonsentrasi pada Windows Phone. Nah untuk saat ini Windows Phone sudah merilis versi 8 dan 10 yang semua itu berbarengan dengan rilis untuk versi desktop PC. 

Dengan kata lain windows phone sudah kompatibel dengan software untuk versi desktopnya, yang sekarang sama namanya baik versi mobile atau dengan versi dekstopnya. Untuk sama dalam hal software ini berati ada keselarasan antara mobile dan desktop. Dengan demikian untuk sinkronisasinya pasti akan lebih mudah.

Apa saja yang diperlukan untuk koneksi mobile ke deskop PC

Tentu dari segi peralatan harus terlebih dahulu disesuaikan, peralatan yang dperlukan untuk menggabungkan notfikasi mobile ke desktop adalah sebagai berikut:

  1. Kita perlu gadget berbasis Windows Phone. Banyak merk terkenal yang sudah menyediakan smartphone yang sudah terinstall OS Windows Phone salah satunya adalah Nokia. Semua Nokia Lumia contohnya sudah ditanamkan dengan OS Windows Phone versi 8 dan 8.1. versi inipun telah banyak tersedia update ke windows phone 10. Bahkan Microsoft sendiri merilis smartphone lumia yang berbasis sofware Windows Phone.
  2. Microsoft Account. Akun microsoft ini adalah menurut saya sebagai portal penghubung antara versi mobile ke versi desktop. Untuk cara mendaftar ke microsoft account mungkin saya akan posting kemudian.
  3. Internet. Untuk yang satu ini siapa yang tidak kenal semua smartphone terasa kurang berarti kalau tidak ada layanan internet ini. Untuk menggabungkan notifkasi ini komputer desktop PC maupun mobile harus ada layanan inernet.

Cara menggabungkan Notifikasi Windows Phone ke Windows 10

Setelah pesyaratan diatas dipenuhi barulah kita sinkronkan antara smartphone dan desktop PC. Cara nya sangat mudah yaitu hanya dengan login pada ke dua perangkat menggunakan microsot akun tadi. Untuk cara ini berlaku untuk windows phone 8 atau 10. Pada perangkat yang saya punyai memakai Smartphone Microsoft Lumia 640 XL berbasis windows phone 10 mobile, dan pada PC desktop saya memakai Windows 10 Profesional. Untuk cara seting akun tersebut seperti ini:


  • Pada Smartphone Windows phone 10 masuk ke settings atau pengaturan pilih account lalu pilih lagi Email & app accounts pilih Add a Microsoft Account. Lalu masukan ID Microsoft akun yang Anda sudah buat.
  • Pada PC sematkan akun yang sama yaitu Micosoft Account tadi. Pada menu start buka settings, pilih Accounts, pilih kembali Email & app accounts pilih Add a Microsoft Account. Lalu masukan ID Microsoft akun yang Anda sudah buat sama dengan login pada smartphone tadi.
Langkah tersebut sudah cukup untuk menggabungkan kedua gadget tersebut saling terhubung, untuk tampilannya seperti notifikasi ini:
Cara gabungkan notifikasi windows phone ke windows 10

Pada gambar A diatas terlihat notifikasi yang masuk pada Action center di windows 10. Pada gambar B notifikasi pada smartphone berbasis windows phone. Semua notifkasi masuk yang sama pada kedua device tersebut. Jadi kita saat kerja tidak usah repot untuk membuka gadget apabila ada notifikasi masuk semua akan ditampilkan di action centernya windows.

Bahkan kita bisa langsung membalas notif yang masuk bila kita anggap penting untuk di balas. Untuk hal ini perlu penyesuaian aplikasi antara smartphone dan windows phone nya syaratnya yaitu keduanya harus terinstall aplikasi yang sama. Untuk mendapatkan aplikasi windows pun mempunyai tempat untuk mengunduh dan menginstall aplikasi yaitu Store

Tampilan gabungan seperti ini keren menurut saya jadi kita tidak banyak terganggu saat tengah mengerjakan tugas pada komputer kita. Silahkan share bila diperlukan ke teman atau kerabat anda. Semoga bermanfaat

Related

Windows 10 3710578325524972888

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item