Manfaat Olahraga Perpanjang Usia

Olahraga Perpanjang Usia



olahraga sepeda
Badan kesehatan Dunia WHO merekomendasikan untuk berolahraga 30 Menit setiap hari, atau setidaknya 150 menit setiap minggu. Sulit melakukannya karena berbagai alasan?.

Berolahragalah semampu Anda, kapan saja dimana saja. Penelitian dr. Chi Pang Wen, dkk di Taiwan menunjukkan, olahraga ringan minimal 15 menit/hari bisa memperpanjang usia. Studi ini melibatkan 416.175 orang yang berpartisipasi dalam program skrining medis tahun 1996-2008; semua partisipan diikuti sampai sekitar 8 tahun. Mereka di bagi dalam kelompok: tidak aktif, rendah, sedang, tinggi atau sangat tinggi berdasarkan durasi dan intensitas berolahraga.

Berdasarkan pembagian tersebut lalu, dihitung resiko mortalitas dan harapan hidup tiap kelompok. Faktor lain seperti jenis kelamin, usia, merokok. tekanan darah, gula darah, dll juga di analisa.

Manfaat Olahraga



Ternyata, mereka yang berolahraga 15 menit setiap hari atau 92 menit setiap minggu memiliki harapan hidup 3 tahun lebih panjang ketimbang mereka yang tidak aktif. Bahkan olahraga yang sangat ringan dapat menurunkan kematian hingga 14%; mereka yang berolahraga ringan memiliki rerata kematian lebih rendah daripada yang tidak aktif. Risiko kematian turun dengan tambahan olahraga  15 menit/hari. Mereka yang berolahraga 30/hari memiliki tambahan harapan hidup sekitar 4 tahun.

"Manfaat olahraga ini berlaku untuk semua kelompok usia, jenis kelamin, dan mereka dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah", ujar para peneliti yang dipublikasikan di jurnal medis The Lancet.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini yang tadinya kita bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan olahraga menjadi lebih giat untuk melakukan olahraga. Kita pasti sayang keluarga, kita pasti punya keinginan untuk lebih lama berkumpul dengan keluarga, makanya itu lakukan olahraga rutin setiap hari untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tebukti bahwa rajin olahraga menjadikan hidup lebih lama.

Related

Kesehatan 8385761619671853508

Post a Comment Default Comments

  1. Perlu banyak olahraga nih :D

    ReplyDelete
  2. Nice information brother, nice to meet you.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. tua dan sehat..

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item