Cara scan data memakai scanner Canon Lide 25

Dokumen berupa kertas mungkin kita perlu untuk arsip dan arsip tersebut bisa berupa softcopy atau berupa file yang kita bisa buka kapan saj...

Dokumen berupa kertas mungkin kita perlu untuk arsip dan arsip tersebut bisa berupa softcopy atau berupa file yang kita bisa buka kapan saja melalui komputer, dan itu merupakan suatu kebutuhan kita
Scanner Canon lide 25
tentang alat yang namanya Scanner ini. jadi saya coba menulis Cara scan data memakai scanner Canon Lide 25 yang kebetulan hanya jenis ini yang tersedia di kantor. Jadi kita lanjut ke pembahasan yo...

Pertama sebelum scan data atau dokumen mungkin kita tentukan file apa yang akan kita jadikan sebagai output, soalnya scanner bisa membuat Output yang berbeda misalkan Output berupa gambar (.jpg) atau Dokumen (.pdf) dan hasil scanner tersebut bisa berwarna atau hanya hitam/putih saja. Dan itu semua tergantung kita akan mengaplikasikan hasilnya berupa apa, So kita coba bahas dulu untuk menjadikan hasil scan kita berupa PDF. Caranya begini..
1. Kita atur posisi dokumen tersebut supaya hasil data kita tidak terbalik nantinya. perhatikan gambar di bawah:

batas ujung scanner
"Batas Ujung" biasanya ditandai dengan tanda panah pada unit scanner, merupakan batas ujung atas sebelah kiri suatu dokumen dan teks dokumen yang kita akan scan harus menghadap kebawah bagian unit scanner.
Arah atas Dokumenpun harus mengarah ke batas ujung tersebut, jadi arah dokumenpun seperti terbalik. Kita akan lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu membuka aplikasi scanner terebut.

2. Membuka aplikasi Canoscan Toolbox yang sudah tersedia pada komputer kita biasanya aplikasi tersebut sudah ada di bagian desktop kita atau gambar seperti di bawah.
toolbox canoscan  
3. Setelah kita buka tampilan aplikasi tersebut akan tampil sebagai berikut, untuk mendapatkan hasil scan berupa dokumen atau PDF kita pilih No.1 dan untuk hasil berupa gambar pilih No.2
Canoscan Toolbox 4.9

4. Untuk hasil PDF kita pilih Icon No. 1 di atas dan gambar tampilannya seperti di bawah, 
5. Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan scan PDF ataupun berupa gambar tersebut, kita
Setting Scan mode pada canoscan lide 25
harus memahami fungsi bagian dari aplikasi tersebut seperti "Scanner Settings" perhatikan gambar disamping bagian Scan Mode, Fungsi tersebut:
  1. Color, Membuat Hasil scan berwarna
  2. Black and White, Membuat Hasil scan hanya hitam dan putih saja.
  3. Grayscale, Membuat Hasil scan seperti fotocopy.
  4. Color [Magazine], Membuat Hasil scan berwarna seluruh area sebesar majalah
  5. Color [Multi-Scan], biasanya dipakai untuk me-scan beberapa potongan gambar
  6. Color [Auto Crop], Scan berwarna sekaligus otomatis memotong gambar.
Untuk rekomendasi nya kita gunakan setting "Scan Mode" yaitu Color atau Color [Magazine] supaya dokumen kita ter-scan semua. Dan untuk hasil  hitam putih bisa memakai Black and White atau Grayscale untuk hasil ukuran file yang lebih kecil.

 6. Image Quality sangat penting untuk kita setting karena menentukan hasil yang baik juga untuk
seting Kualitas gambarukuran file yang kita inginkan supaya tidak terlalu besar ukuran file yang kita buat. Untuk besar file dan kualitas gambar hasil scan ditentukan oleh berapa besar dengan satuan dot per inch (dpi).
Kesimpulannya Lebih besar dpi yang kita pilih berati lebih baik kualitas scan  dan juga perlu diperhaikan lebih besar pula ukuran filenya, tentu kalau ukuran file yang besar kita akan kesulitan untuk mengupload file tersebut seumpama kita akan mengunggah file tersebut di internet atau apabila kita mengirim email.
Untuk rekomendasi seting Image Quality kita atur 100 dpi untuk dokumen yang banyak.

7. Setelah itu kita atur untuk dokumen PDF yang kita buat supaya dapat hasilnya 1 file dan terdiri
seting multiple scan pdf
dari beberapa lembar terserah yang kita inginkan, pengaturan tersebut ada di "Save as Type" (gambar disamping) kita pilih PDF [Multiple Pages]. Seting ini menghasilkan scan yang kita buat akan terus menerus sampai dokumen yang kita inginkan selesai. Apabila kita pilih PDF maka akan me-scan 1 lembar saja.
8. Apabila seting selesai di buat maka tugas kita hanya menekan tombol "Scan"yang sebelumnya tentu dokumen yang akan kita scan sudah siap posisinya di dalam scanner.
scan
9. Untuk proses scan tunggu sampai indikator scan menunjukan 100%
scanning
10. Apabila scan selesai maka akan ada konfirmasi untuk me-scan dokumen yang lain seperti gambar
Klik Next
di samping ini. Maka yang harus dilakukan ganti dokumen yang di scan selanjutnya dan jangan lupa untuk menutup scanner tersebut apabila sudah dilakukan dan dokumen siap di scan silahkan tekan tombol  "Next". Apabila tidak ada lagi dokumen yang akan di scan silahkan klik "Finish".

Untuk hasil scan berupa gambar langkah di atas tinggal di ulang langkah ke-3 untuk memilih icon  no.2  (Scan-1). Dan perlu diperhatikan untuk scan hasil berupa gambar (jpg) scan dilakukan satu per satu, dan menghasilkan 1 file tersendiri.

Sekian untuk artikel Cara scan data memakai scanner Canon Lide 25, apabila ada yang kurang jelas silahkan isi komentar di bawah ini. Untuk cara memakai scanner canonscan lide 120 silahkan kunjungi blog ane yang disebelah dengan judul "Cara memakai scanner canon canoscan Lide 120" atau kunjungi link disini. Semoga Bermanfaat...

Related

Tutorial 4463496352580546817

Post a Comment Default Comments

  1. bagaimana jika muncul unable to select twain source ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus kaya gitu biasanya driver scanner nya belum terinstall dengan baik. coba install dulu driver scanner nya. Perlu di ketahui canon lide 25 tidak kompatibel dengan Windows 10

      Delete
  2. bagaimana kalau muncul unable to write file,theris not space on the disk.
    padahal folder sudah saya delet semua dan tempat penyimpanannya sudah kosong

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ada warning seperti itu jelas kapasitas di hardisknya sudah penuh. di bagian setting ada pengaturan untuk merubah folder destinasi penyimpanan hasil scannya, coba aja dirubah misal dari drive C: di pindah ke drive D atau yg masih kosong

      Delete
  3. cano scan lide25, .. ijazah timbal balik d jadikan satu file pdf, bisa tidak ? saya tidak nemu caranya ini , tq bantuannya

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item