Cara Buat USB Extender untuk Modem

Cara Buat Sendiri USB Extender perpanjangan dengan Kabel UTP Mulanya kepingin koneksi Internet di rumah dengan Modem GSM yang Agan ...

Cara Buat Sendiri USB Extender perpanjangan dengan Kabel UTP



Mulanya kepingin koneksi Internet di rumah dengan Modem GSM yang Agan tahu sendiri kecepatan modem biasanya tergantung sinyal. Sinyal Bagus dekat dengan Tower pemancar pasti dapat sinyal terbaik atau HSDPA tetapi kalau sinyal jelek pasti jaringanpun merosot alhasil kecepatan browsing dan download kita terbatas atau malah yang paling parah koneksi ke internet kita sering terputus. Itulah masalah yang sering kita hadapi kalau kita memakai modem. Untuk menghindari koneksi modem terputus logikanya kita harus mendapatkan sinyal dari pemancar GSM yang terbaik supaya koneksi jaringan stabil dan hasil koneksi internet pun stabil. kejadian tersebut yang membuat saya membuat artikel "Cara Buat USB Extender perpanjangan dengan Kabel UTP" dan sekalian mempraktekannya, Alhamdullilah berhasil :)

Kable USB extender standar 1.5 M
Pertama saya coba dahulu dengan membeli USB Extender atau USB perpanjangan yang tersedia banyak di toko komputer, karena kepingin hasil yang maksimal saya membeli USB extender panjang 5M langsung saya coba hasilnya mengecewakan modem tidak terdeteksi sama sekali di komputer lampu modem hanya nyala merah. Kembali saya beli usb extender standar panjang 1,5M seperti gambar di samping langsung saya cek ulang ternyata modem bisa terdeteksi, coba koneksikan ke internet tenyata bisa tersambung tetapi gak lama kemudian modem kembali terputus alias tidak stabil. Saran dari saya membeli USB extender/perpanjangan sebaiknya harus selektif tidak semua di pasaran memiliki kualitas bagus. Pusing nih kepala akhirnya browsing ke om google ternyata banyak artikel cara membuat Sendiri USB Extender perpanjangan dengan Kabel UTP dan langsung praktek deh. 

Simak praktek di bawah sudah saya buktikan sendiri berhasil 100% koneksi modem stabil dan sinyal mendapat HSDPA. Alat yang perlu Agan siapkan:
  1. Tang potong
  2. Solder + timah
  3. USB extender 1.5M standart (ga perlu yg bagus untuk di potong)
  4. Solatip
  5. Kabel UTP (yang saya pakai merk Belden US Cat 5e)
  6. Keinginan kuat :)

Konfigurasi kabel USB extender dan UTP


Perhatikan konfigusi warna yang harus di perhatikan untuk menyambungkan antara kabel USB dan kabel UTP/LAN:
Konfigurasi warna USB + UTP

Langkah 1:
Potong kabel USB extender standar panjang ukuran 5cm dari kepala usbnya tujuannya lebih dekat dengan kepala USB male/femalenya menjadikan sinyal lost yang dihasilkan lebih kecil, lalu kupas kabel tersebut dan kabel UTP/ LAN sekalian langsung disusun untuk kabel UTP sesuai dengan tabel konfigurasi di atas, seperti gambar di bawah:


Kepala USB maleKabel USB dan UTP


Langkah 2:
Setelah disesuaikan susunan kabelnya baik USB dan Kabel UTP nya, sekarang tahap penyambungannya untuk lebih gampang dalam penyambungan sekaligus kesempurnaan dalam sambungan antara kabel USB dan UTP alangkah baiknya setiap ujung sambungan diberi timah terlebih dahulu menggunakan solder tentunya.


Dalam tahap penyolderan tahap ini sebaiknya kontak dengan kabel sesingkat mungkin sebab lebih lama panasnya mata solder bersentuhan dengan kabel menjadikan bagian pelindung kabel yang tidak dikupas akan meleleh jadi agan harus hati-hati. Usahakan seluruh kabel atau tembaganya tertutup timah sempurna untuk hasil yang maksimal.

Langkah 3:
Mulai sambungkan semua susunan antar kabel USB dan UTP berdasarkan susunan warna menurut
Kabel audio CDROM
tabel di atas baik untuk kepala USB male dan Female. Tahap penyambungan ini menurut saya sangat penting untuk bisa susksesnya koneksi nantinya usahakan untuk menempel dengan sempurna memakai solder dan timah tentunya. untuk lebih rapih nya saya menggunakan selongsong kabel luar audio Cdrom (gambar samping kanan) yang tidak terpakai bertujuan untuk melindung hasil solderan biar tidak mudah terlepas yang di potong pendek saja dan dikeluarkan isi kabel di dalamnya atau kalau mau lebih rapih gunakan  thermofit / kondom kabel karena saya membuatnya malam hari jadi bahan yang ada saja saya pergunakan :) . O iya hampir lupa pemasangan selongsong kabel audio cd Rom tadi dipasang sebelum penyolderan, kurang lebih hasilnya seperti gambar di bawah ini.

penyambungan USB ke UTP

Perlu diketahui panjang kabel UTP yang saya rakit adalah 8 meter, kepinginnya lebih tapi saya hanya punya kabel sepanjang itu dan saya pergunakan yang bekas sebenarnya banyak kabel UTP bekas hasil dari sisa pemasangan jaringan yang saya pasang banyak jenisnya tetapi saya memilih Belden US Cat5e selain tebal juga terlihat kuat kabelnya makanya saya memilih jenis ini. Kabel USB extender ini bisa mencapai 15 meter itu tergantung dari kualitas kabel UTP yang akan dipakai. Jadi kalau mau lebih panjang gunakan kabel UTP yang terbaik karakteristik CAT 6 lebih saya sarankan apabalia mau membuat panjang lebih dari 12 meter.
     
Sampai disini sebenarnya kabel USB extender yang Saya rakit sudah selesai tahap selanjutnya saya akan tes koneksi kabel perpanjangan yang saya buat ini, cek ki dot gan..
[next]

Pengetesan kabel USB extender hasil rakit sendiri



Ok rakitan kabel untuk artikel Cara Buat USB Extender untuk Modem sudah selesai sekarang saya akan coba tes hasil kerja nya. 

Pertama saya akan koneksikan kabel rakitan USB extender ini ke port USB laptop dan di coba dulu koneksikan dengan USB flasdisk yang saya punya begitu saya tancap flasdisknya langsung bisa terdeteksi dengan baik, window autoplay pun muncul seperti gambar di bawah.

koneksi flasdisk ke PC

Coba browsing isi dari flashdis ternyata dapat ditampilkan dengan baik berarti kabel USB extender rakitan bekerja dengan baik. Lalu saya coba aplikasikan dengan modem yang itu tujuan utama saya membuat USB extender /perpanjangan ini, langsung saya tancap  modem usb yang saya punya

tes koneksi modem

hasilnya tanpa cacat alias koneksinya tidak masalah, modem terdeteksi dan terkoneksi dengan baik, beda halnya waktu memakai usb extender pabrikan yang saya beli. Bisa dilihat gambar di atas koneksi sinyal yang saya dapatkan hanya mendapat UMTS kenapa? ya karena sinyal dalam rumah biasanya begitu tergantung juga daerah yang kita tinggali tergantung jauh atau dekatnya pemancar sinyal GSM yang didapat, lagian ini tujuan saya membuat USB extender sendiri supaya bisa mencari sinyal terbaik dengan cara menaruh modem ke tempat yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal terbaik. Saya memakai modem dengan provider "3", memakai modem merk huawei bekas paketan flash yang sudah tidak saya pakai lagi.

Seting modem 3 yang saya gunakan:


Profil Name: 3
APN: Static dan diisi dengan 3data.
Access Number: *99#
Username & Pasword: 3data

Ini sinyal yang didapat setelah saya bawa modem ke luar rumah dan ditempatkan posisi yang lebih tinggi dan saya coba browsing ke website dan sekalian update posting blog ini :) sinyal pun berubah menjadi HSDPA koneksi pun lebih stabil.

kecepatan modem dial up

Sekarang tes kecepatan download, sengaja download ukuran yang lebih besar 263Mb menurut gambar di bawah sekalian mencari posisi modem untuk mendapat sinyal terbaik di rumah, lumayan kecepatan untuk down yang didapat 1,57Mbps, downspeed yang saya dapat 183 Kb/s jauh lebih baik dari pada tidak memakai kabel USB extender/ perpanjangan.

kecepatan download modem dialup

kecepatan maksimal yang didapat, bisa mencapai 2,6Mbps saya rasa cukup untuk modem dialup:


Saya rasa cukup untuk pengetesan USB extender hasil rakitan sendiri ini, kalau di lihat sudah sempurna baru kita patenkan hasilnya. Sekarang tinggal merapihkan hasil kerjaan supaya bisa tahan lama, hasil sambungan kabel dengan solderan pun harus diperhatikan karena kalau dibiarkan tidak terbungkus seperti itu maka kabel bisa cepat putus. Lanjut halaman berikut untuk merapihkan sambungan kabel USB extender ini. Lanjut halaman berikut...
[next]

Merapihkan Sambungan Kabel USB Extender Rakitan


Langkah ini tak kalah pentingnya karena USB extender yang kita rakit bisa bertahan lama sekaligus bisa di bawa kemana pun kita pergi dan tidak takut putus dalam pemakaian nantinya. 

Langsung saja tahap selanjutnya kita bungkus hasil sambungan tadi yang bertujuan untuk menguatkan sekaligus merapihkan tampilan. Masih ingat dengan USB extender standar yang kita beli untuk dipotong? sebaiknya jangan langsung dibuang selain kita tidak perlu bahan lain jadi gunakan saja bahan yang ada toh nanti juga akan dibalut solatip untuk menutupnya. Lihat gambar di bawah
kabel bekas USB

Potong kabel bekas usb standart tadi kurang lebih 12 cm atau sesuai kebutuhan jangan lupa solatip hitam untuk listrik di siapkan juga:

merapihkan kabel

Langsung saja disisipkan hasil potongan kabel bekas tadi usahakan tempatkan antara pangkal kabel antara kabel UTP dan kabel Kepala USB lalu balut dengan solatip hitam seperti di bawah:

balut dengan solatip

Hasil akhir adalah seperti ini:



Dengan sudah rapih seperti ini dijamin kabel hasil sambungan tadi akan lebih kuat dan tidak mudah tertekuk jadi akan lebih nyaman kalau dipakai.

Sekian dahulu sedikit ulasan tentang cara membuat USB extender sendiri dan hasil pengetesannya, jangan lupa komentar apabila ada yang kurang berkenan, Semoga bermanfaat

Related

Tutorial 1975239190320533951

Post a Comment Default Comments

  1. Saya dah buat om.. Panjang 17m kabel utp lan cat6 signal looos bahkan usb modem saja tidak mau terdeteksi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo mas Iqbal.. sepertinya lagi eksperimen juga ya, boleh mas sharing peralatan yang di pakai apa saja?. soalnya kalau memang kabel panjang lebih dari 15M harus kabel yag bagus mas. Saran saja mas pakai kabel UTP merk "AMP" sama konektor USB yg dipakai harus kabel bening trz pendek saja potongnya. Untuk soldernya kabel lilit dl baru solder. Semoga membantu

      Delete
  2. Gan, mo nanya, saya sudah buat, hanya 6 meter tetapi usb modemnya tetep tidak nyala,.
    Apakah solder kabel diharuskan langsung saat percobaan(tidak hanya sambung kabel & testing)?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum dites sebaiknya di solder dulu gan, solderan hrs bagus supaya nyambung kabel jd sempurna. Kabel usbnya dipotong pendek aja sebelum dipotong pastikan kabel perpanjangan usbnya bagus gan.

      Delete
  3. sambungan sebaiknya dikasih sealant (semacam lem sealer untuk lem kaca) hasilnya mantap bos,...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. kak gimana ya saya baru beli usb extender 3 meter kok dari laptop nggak sampai ke usb wifi saya ya, tapi di laptop tuh kescan ada usb wifi, tapi nggak muncul satupun ssid wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di cek kabelnya di perangkat lain/ laptop lain dulu. kualitas kabel sangat menentukan mas

      Delete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item