Hardware Yang Menyebabkan Laptop Menjadi Lemot

Kenali Hardware yang menyebabkan laptop menjadi lemot Hardware atau perangkat keras sangat berpengaruh sekali dengan performa laptop k...

Kenali Hardware yang menyebabkan laptop menjadi lemot


Hardware atau perangkat keras sangat berpengaruh sekali dengan performa laptop kita apabila salah satu hardware atau perangkat keras kita mengalami kerusakan pasti berpengaruh besar dengan performa laptop kita. Di bawah ini jenis hardware yang sering rusak dan sangat berpengaruh terhadap laptop atau komputer yang kita punya.

A. Ciri-ciri Harddisk rusak

Hardisk Merupakan media penyimpan semua jenis file, baik file system maupun file dokumen pribadi berupa musik mp3, video atau pun file lainnya. Dengan demikian kondisi hardisk haruslah dalam kondisi baik atau prima supaya pembacaan file oleh system dapat dieksekusi dengan baik. Kalau kondisi hardisk tidak bagus pasti cara kerja laptop atau komputer kerja menjadi lambat, di karenakan pembacaan file system tidak lancar biasanya dilihat dari lampu indikator kerja harddisk tidak berhenti menyala (tdk kedip-kedip) yang akhirnya menyebabkan "hank" atau berhenti kerja komputer atau latop kita. Ataupun bisa di lihat dari ciri-ciri hardisk berikut:

-  Bunyi hardisk kasar atau klotok-klotok
Bunyi ini terkadang bisa terdengar dengan jelas atau terdengar berbunyi seperti mendecit, bunyi ini juga kadang tidak selalu terdengar sering terkadang hanya sekali-sekali saja, perlu di curigai bahwa hardisk yang kita pakai mengalami kerusakan.

-  Proses lama terhadap penginstalan windows
Kalau merasa lama cara kerja laptop kita kadang kita pasti cari jalan pintas yaitu install ulang windows nya, tetapi kalau kondisi hardisk kita sudah tidak baik lagi akan terlihat waktunya lebih lama dalam penginstalan file-file windows ini dari semestinya. Atau biasanya terjadi gagal mengcopy file system. Kadang kejadian seperti ini juga bisa dijadikan indikator baik tidaknya kondisi hardisk kita. Alhasil dari install ulang tersebut laptop kita tidak berkerja normal seperti biasa.

- Tampil layar "Blue Screen" 
Saat kita asik mengetik eh.. tiba-tiba layar kita menjadi biru dan laptop kita harus di restart ulang, ini juga bisa dijadikan indikator ada kerusakan di hardisk, atau yang paling jelas sobat bisa tes dengan menyalakan file mp3 dengerin musik sambil kerja biasanya hadisk kondisi tidak baik akan mengeluarkan layar biru atau Blue Screen. perlu di ingat blue screen banyak penyebabnya walau tampil layar biru tersebut bukan selalu kesalahan pada kerusakan hardisk saja. Ini hanya salah satu penyebab saja kalau hardsik rusak pun bisa menyebabkan blue screen.

B. Ciri-ciri Keyboard rusak


keyboard laptop rusak
kalau laptop kita mengalami lemot dalam bekerja bisa dikarenakan keyboard yang kita pakai mengalami kerusakan, Dan biasanya keyboard rusak penyebab booting laptop kita menjadi lambat atau saat pertama di nyalakan laptop tampil merk Logo laptop yang kita punya terasa lama. Ataupun bisa terlihat ciri keyboard rusak seperti dibawah:
  • Saat mengetik tugas atau perkerjaan terkadang muncul huruf atau simbol secara terus menerus padahal kita tidak mengetik huruf tersebut atau pun tampilan layar tiba-tiba berpindah.
  • Ada beberapa tombol yang tidak berfungsi
  • Terkadang terdengar bunyi dari speaker laptop berupa bunyi "warning" seperti tidak diperbolehkan mengeksekusi suatu program
  • Terdengar bunyi panjang saat menyalakan laptop
  • Saat booting terkadang masuk bios atau boot menu nya windows

C. Ciri-ciri Memory atau RAM rusak

ram laptop
Memory atau RAM bisa jadi faktor utama kalau kinerja laptop kita lambat biasanya kondisi ini berlaku jika sobat sudah menambah ram tambahan. ram menjadi lambat apabila ram yang terinstal di laptop atau komputer kita lebih dari satu keping. Penyebab lambatnya kinerja laptop kita biasanya ram tersebut salah satu mengalami kerusakan. kita harus juga selektif memilih ram tambahan apabila kecepatan laptop kita di tambah. Kita harus memilih PC yang sesuai dengan karakter ram yang kita punya. Untuk memilih ram yang cocok untuk laptop kita cara terbaik adalah dengan membuka RAM pada laptop atau komputer kita dan kita bisa membaca karakteristik memori itu dengan membaca label pada perangkat ram tersebut. 

ram laptop ddr3
Seperti contoh gambar di atas  kita bisa melihat label yang tertempel pada RAM tersebut. Apabila kita mau membeli RAM baru atau menambahnya kita bisa cocokan berdasarkan karakteristik yang tertera pada label tersebut kalau membaca label ram tersebut tertulis pada baris pertama 2GB 2Rx8 PC3-8500S maka kita harus menyamakan karakteristik ram yang akan kita pasang nantinya dengan karakteristik yang sama minimal jenisnya untuk PC3-8500 berati kita harus pasang dengan jenis setara yaitu DDR3 dengan jedec 1066. Untuk tulisan 2GB artinya memori tersebut berkapasitas 2 Giga Byte. Lebih jelasnya lagi untuk mengetahui PC3 atau DDR3 yang harus di ganti anda bisa lihat tabel dibawah:

Tabel frekuensi RAM

Demikian sedikit tips dari penulis tentang posting Hardware Yang Menyebabkan Laptop Menjadi Lemot kalau ada tambahan silahkan isi di komentar. Semoga bermanfaat bagi rekan semua.

Related

Tutorial 4159199420743176228

Post a Comment Default Comments

  1. Oke Mathur nuwun atas informasinya,,,
    Bermanfaat dan sekarang bisa tahu penyebab lemotnya Laptop ku,,,

    ReplyDelete

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item