Makanan (sarapan) Sehat Untuk Jantung

Sarapan sereal, Jantung Sehat Ternyata bagi penderita penyakit jantung soal sarapan pun menjadi masalah apabila kita tidak tahu apa yang...

Sarapan sereal, Jantung Sehat


Ternyata bagi penderita penyakit jantung soal sarapan pun menjadi masalah apabila kita tidak tahu apa yang mesti di makan saat sarapan. Untuk itu mudah-mudahan artikel singkat ini bisa membantu bagi penderita penyakit jantung  untuk memilih sarapan terbaik bagi kesehatannya. Simak saja informasi di bawah.

Selain praktis, sereal ternyata kaya akan antioksidan polifenol. Yang dianjurkan adalah sereal whole grain, yang mengandung minimal 25% oat atau kulit ari bii-bijian (gandum, oat dan lainnya). Kandungan antioksidan yang paling tinggi ada pada sereal whole grain yang terbuat dari gandum, jagung, oat beras dan kismis.

Selama ini, manfaat sereal mengurangi risiko penyakit jantung koroner dianggap berasal dari seratnya yang tinggi. Ternyata, polifenol berperan lebih besar. Polifenol  adalah senyawa kimia yang banyak terdapat pada buah, sayur dan tanaman lain; fungsinya menghilangkan radikal bebas berlebih di tubuh.

sereal untuk jantung sehat
Studi yang dipresentasikan di konferensi tahunan American Heart Association ke-47 menunjukan, konsumsi sereal menjaga keseatan jantung. Mereka yang mengkonsumsi sereal whole grain 7x atau lebih dalam seminggu berisiko 28% lebih rendah terkena gagal jantung, dibandingkan mereka yang tidak pernah makan sereal. Risiko serangan jantung turun sampai 22% pada mereka yang sarapan sereal whole grain 2-6x seminggu, dan 14% pada mereka yang sarapan sereal whole grain 1x/minggu.

Dan peneliti di Harvard menemukan, mereka yang rutin mengkonsumsi sereal menurunkan risiko diabetes hungga 45%, dibandingkan mereka yang tidak amkan sereal sama sekali. Penelitian ini menggunakan data dari >20.000 individu dari Physician's Health Study dan dipublikasi di jurnal Obesity, Desember 2007.

Bukan sembarang sereal. Pilih yang whole grain dan hindari yang tinggi gula tambahan. Sampai disini artikel singkat mengenai Makanan (sarapan) Sehat Untuk Jantung semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Terimakasih kepada majalah OTC DIGEST Edisi 62 Tahun VI 1 Oktober - 31 Oktober 2011 yang menjadi inspirasi untuk menuliskan artikel ini.

Related

Kesehatan 5150831300578075704

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Pageviews

Hot in week

Recent

Comments

item